Google
 

Sunday, June 10, 2007

Multi Level Marketing yang Tangguh!

Pendahuluan
Pada saat belajar yang dahulu saya mempunyai gambaran bahwa sistem Multi Level Marketing - Marketing Bertingkat Banyak mempunyai harga produk atau jasa yang berhubungan erat dengan banyaknya Level dan besarnya komisi yang diberikan. Pada perkembangan selanjutnya sesuai dengan kreativitas yang dimiliki oleh produsen maka terciptalah banyak sekali varian. Tetapi yang perlu kita perhatikan, apapun sebutannya apabila suatu sistem marketing menggunakan lebih dari satu level untuk pemberian komisi kepada penjual, maka itulah Multi Level marketing. Ciri yang lain lagi untuk dapat sebagai marketernya maka seseorang wajib menjadi anggotanya. Dapat dikatakan bersifat private. Tetapi pada MLM yang menjual barang, kebanyakan yang membeli barang tidak perlu untuk menjadi anggota. Kecuali yang berminat menjadi marketernya. Sekali lagi sistem MLM ini sering menimbulkan Pro dan Kontra dari banyak pihak. Masing-masing golongan bersikukuh mempertahankan argumennya masing-masing. Betul-betul ramai sekali. Terlepas dari semua itu (Pro dan Kontra) sistem MLM terus berkembang. Tetapi kebanyakan produsen, penghasilkan produk barang atau jasa, yang menggunakan system ini tidak bertahan lama. banyak yang bertumbangan. Ini sebuah kenyataan. Tetapi ada juga yang dapat bertahan lama bahkan lebih dari 20 tahun dan terus berlanjut sampai sekarang. Untuk mempermudah kita mempelajari bagaimana dan apa MLM yang tangguh itu mari ikuti ilustrasi dibawah ini.

Lahirnya Pelatihan Marketing Coro Yahut Online
Masih ingatkan dengan si Coro yang telah berhasil dan menjadi kaya raya (artikel: Seni Marketing). Setelah usaha si Coro meraksasa, dan telah banyak mempunyai karyawan yang handal, si Coro mempunyai waktu luang yang lebih banyak dibandingkan pada waktu ia masih merintis usahanya. Apalagi si Coro melihat kondisi daerahnya yang mempunyai banyak pengangguran karena memang kondisi perekonomian sekarang ini sulit sekali. Timbul niat baik dari si Coro untuk membagi pengalamannya, tapi ia berpikir lagi kalau ia memberikan tip-tipnya secara cuma-cuma, kebanyakan orang akan berpikir bahwa ia cuma mau cari sensasi saja dan tip-tip yang diberikanpun pasti dianggap cuma basa-basi saja. Padahal ia tidak keberatan untuk memberikan nya secara gratis. Setelah pikir punya pikir timbul ide dari si Coro untuk membuka pelatihan marketing, agar seseorang dapat menjadi seorang marketer yang tangguh. Agar lebih mudah maka si Coro memilih memberikan pelatihan secara online dengan menggunakan media internet. Si Coro punya pertimbangan sendiri kenapa di memilih media internet. Pertama-tama dengan menggunakan media ini, dari pihak si Coro sendiri tidak perlu menyediakan sumber daya yang besar. Cukup beberapa karyawan saja dan dapat dijalankan di ruangannya yang ada sekarang ini. Kedua, secara tidak langsung si Coro ingin memperkenalkan teknologi internet kepada masyarakat didaerahnya agar tidak menjadi gaptek sehingga sumberdaya di daerah Coro tidak tertinggal jauh dengan negara lain. Coro berpikiran maju. Dengan memperkenalkan teknologi internet, maka coro mengharapkan agar marketer yang mengikuti pelatihannya dapat menawarkan suatu produk barang atau jasa secara internasional, lintas negara, dan yang memasarkan tetap saja berada didaerahnya. Dia memilih pelatihan marketing karena seseorang yang berprofesi sebagai seorang marketer tentu tidak perlu mutlak untuk mempunyai modal yang besar dalam memulai usahanya. Dan jika telah maju, dapat diharapkan untuk membuat ide sebuah produk dan memasarkannya dengan baik. Dan dengan cara ini yang dapat ditawarkan lebih banyak macamnya.

Maka setelah beberapa saat membuat persiapan, akhirnya diresmikan Pelatihan Marketing Coro Yahut Online, yang dilakukan dengan web pada media internet. Si Coro memilih sistem MLM dalam Pelatihan Marketing Coro Yahut Online - PMCYO . Dia menatapkan harga jual produk yang terjangkau dan mengambil 8 level. Iuran yang ditetapkan perbulan dibuat Coro dengan harga terjangkau, karena Coro tidak mengambil untung, cuma biaya operasional saja dan untuk komisi masing-masing level. Maka banyak orang yang tertarik dengan apa yang dilakukan si Coro. Beramai-ramai mereka mendaftar dan menjadi anggota PMCYO.

Si Coro juga memberikan kebebasan pada anggota PMCYO dalam melakukan promosi . Maka ramailah iklan yang beraneka ragam di berbagai macam web, iklan baris, media masa dan brosur yang dilakukan oleh anggota PMCYO. Isi yang ada pada iklan itupun beraneka ragam. Dari yang beriklan secara "Sopan" sampai dengan yang beriklan secara fanstastik. "Anda dapat mati tertimbun uang yang dihasilkan jika jadi anggota PMCYO", bunyi salah satu iklan yang fanstastik itu. Tidak hanya itu saja. Iklan yang fanstastik yang lainnya menyusul bertebaran. Staf Coro yang berdedikasi dan terlibat pada proyek ini segera memperingatkan si Coro tentang banyaknya iklan yang dapat membuat orang bermimpi sampai terbang ke langit tingkat 77! Super dhasyat man!! Tapi si Coro tersenyum saja. Bahkan dengan santai si Coro berkata, saya membuat pelatihan ini betul-betul dengan niat untuk memberikan pelatihan. Bukan mau cari sensasi. Karena itu saya memberikan mereka kebebasan untuk berkreasi, sebagai salah satu pelatihan yang tidak mereka sadari. Tapi iklan seperti itu menyesatkan, jawab staf si Coro lagi. Dengan bijak Coro menjawab, pada akhirnya seleksi alam akan terjadi. Seleksi Alam juga terjadi pada dunia Marketing. Pada saat itu maka wawasan orang-orang akan terbuka luas, sehingga pelatihan yang meraka ikuti ini tidak sia-sia. Mereka akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga sekali. Masyarakat luas pada akhirnya juga akan menjadi betul-betul mengerti akan sistim ini. Semua itu waktulah yang akan menentukan!. Staf si Coro bingung akan jawaban si Coro.



Pro dan Kontra Pelatihan Marketing Coro Yahut Online
Dalam waktu singkat bayak orang yang mengikuti PMCYO. Coro melakukan banyak kreasi, improvisasi dan inovasi yang tiada henti pada pusat pelatihannya. Disediakannya bermacam-macam materi yang diberikan secara bertahap. Walaupun materi yang diberikan bukanlah dari karya-karya para orang terkenal, tapi Coro membuatnya sendiri sedemikian rupa yang merupakan pengalaman dari apa yang telah dijalaninya dan juga ditambah pengetahuan yang didapatnya secara luas dari buku, media masa, internet dan apalagi si Coro juga pernah menyewa konsultan marketing yang handal (ingatkan si Coro pernah menyewa ibu Anne Ahira sebagai konsultan marketing pada usaha jagung bakarnya yang telah berhasil, ini sekedar cerita lho!) dan dapat belajar banyak waktu itu. Si Coro memang seorang yang mau belajar terus untuk kemajuannya. Apa yang dilakukan si Coro sudah tentu menarik perhatian masyarakat. Pendapat Pro dan kontra segara saling bersahut-sahutan seperti kicauan burung yang ada pada lomba burung berkicau!

Apa yang dilakukan si Coro tidak luput dari si Domdom. Domdom segera angkat bicara secara terbuka, bahwa yang dilakukan si Coro tak lebih penipuan saja dan merugikan saja. Apa yang dilakukan si Coro harus segera dihentikan, kata Domdom. Ini menyesatkan sekali! tambahnya. Tidak hanya si Domdom saja yang angkat bicara, yang pro pun juga angkat bicara. Si Noni segera memberikan sanggahan, bahwa apa yang dijalankan si Coro tidak melanggar hukum. Jika mau melarang usaha si Coro maka harus juga melarang segala usaha yang dijalankan dengan sistem MLM di daerah ini. Sanggahan si Noni membuat tambah semarak suasana. Apa yang dikatakan si Noni mamang kenyataan. Sebelum si Coro membuka pelatian dengan sistem MLM, sudah bertebaran usaha yang dijalankan dengan menggunakan sistem MLM di daerah ini.

Tetapi tetap saja yang mau jadi anggota PMCYO terus bertambah. Hal ini tidak luput dari perhatian si Domdom yang diam-diam terus mengamati PMCYO. Terus meningkatnya anggota pada PMCYO membuat kubu kontra semakin belingsatan, dan akhirnya sekali lagi si Domdom angkat bicara. Kali ini dilakukan tidak kepalang tanggung lagi. Domdom mengadakan konfrensi pres tingkat internasional! diundanglah wartawan dari berbagai media, dari koran, majalah, tabloid, TV dll. Si Domdom dengan gagah dan digagahkan segera berbicara, Sekali lagi saya katakan bahwa yang dilakukan si Coro itu cuma sebuah penipuan saja. Akan banyak nantinya anggota PMCYO yang mengalami kerugian. Yang dapat untung cuma segelintir anggota saja. Segera kelompok kontra bertepuk tangan, memberi aplusan kepada si Domdom. Domdom tambah bersemangat dan kembali berbicara, Saya mengatakan ini tidak bohong. Telah banyak perusahaan yang menggunakan sistem MLM yang bertumbangan. Saya berbicara sebagai orang yang telah banyak pengalaman, lanjut si Domdom. Si Domdom segera saja menyebutkan berbagai macam seminar yang telah diikutinya, berbagai buku yang telah dibacanya, baik dari dalam maupun luar negeri dan masih banyak lagi bergudang-gudang yang dikatakan si Domdom untuk lebih menyakinkan, tak luput pula ia menerangkan dengan cara matematis. Bahwa MLM 8 level yang digunakan si Coro akan segera berakhir KO. Secara matematis si Domdom membuat perhitungan dari level satu sampai level 8 berapa anggota yang ada. Sampai level 8 perlu 19 juta lebih orang dan pada level 11 sudah memerlukan lebih 9,5 milyar orang. Sadar dong bahwa penduduk dunia cuman lebih kurang 6.5 orang saat ini. Walaupun ditambah dengan jumlah kelahiran dan lain sebagainya tak mungkin akan terkejar! kata si Domdom bersemangat. Apa yang diuraikan oleh si Domdom memang benar 100%. Siapapun tidak dapat menyangkalnya. Ini memang sebuah kenyataan. Perhitungan itu valid. Dapat dibuktikan oleh siapapun. Ini bukan sulap atau sihir maupun trik. Tapi cuma perhitungan matematis yang mudah dimengerti. Maka segera tambah semaraklah suasana yang ada.

Seleksi Alam Terjadi
Dengan adanya konfrensi pers itu, maka PMCYO semakin terkenal dan banyak diketahui orang.
Semakin hari bukannya semakin kurang anggotanya, tapi semakin bertambah banyak. Bahkan pelatian si Coro dikenal sampai ke luar negeri. Sekarang yang dari luar negeripun ingin mengikuti pelatihan yang diberikan si Coro. Coro tak sampai hati menolaknya, maka pelatihan si Coro sekarang ini menggunakan dua bahasa. Bahasa sendiri dan bahasa internasional. Si Domdom yang terus mengamati bertambah saja kesalnya (tak tahulah kita, apakah si Domdom sirik dengan keberhasilan si Coro atau memeng benar-benar untuk kepentingan orang banyak, cuma si Domdom sendiri yang mengetahuinya!).

Ada PMCYO yang laris manis sudah tentu diikuti dengan yang lainnya. Wiro Sableng membuka pelatihan dengan sistem mlm 15 level. Tak mau ketinggalan juga Mak Lampir membuka pelatihan dengan sistem mlm 77 level. Kembali bertambah hingar bingarlah dunia internet. (harap maklum, jika ada nama yang sama, cuma kebetulan belaka). Berlomba-lomba setiap anggota masing-masing pelatihan beriklan membuat promosi. Masyarakat dunia maya tambah gegap gempita. Tapi apa yang dikatakan oleh si Coro pada stafnya jadi kenyataan. Seleksi alam terjadi. Pelatian yang dibentuk Mak Lampir dalam waktu singkat sudah tutup. Diikuti oleh Pelatihan yang dibuat Wiro Sableng juga tutup dengan manisnya.

Sekali lagi si Domdom angkat bicara. Apa yang dilakukan oleh si Coro tak lebih cuma karena popularitasnya saja, sehingga banyak yang menjadi anggotanya. Tak ketinggalan uraian-uraian yang dhasyat lainnya. Juga perhitungan yang dilakukan secara matematis yang terbukti kebanarannya 100% dipaparkan lagi. Tapi coro cuma senyum saja dengan semua itu. Memberi komentarpun tidak. Ketika ia diminta memberikan komentar oleh insan pers dengan bijak Coro menjawab, Apalah artinya saya ini, cuma seorang penjual jagung bakar saja! Untuk membuktikannya waktulah yang akan menentukan.

Pelatihan Marketing Coro Yahut Online sistem MLM yang Tangguh!!!
Tetapi pada kenyataannya setelah tiga tahun berjalan, PMCYO yang dibuat si Coro tetap eksis keberadaannya. Anggotanya kadang bertambah dan kadang berkurang, tapi lebih banyak bertambah. Kemudian si Coro berinisiatif untuk melakukan perubahan pada sistem MLM yang digunakan sebelumnya. Dari yang 8 Level diubah menjadi 4 level. Akan tetapi hal ini tidak berpengaruh banyak pada perkembangan Pelatihan Marketing Coro Yahut Online. Ada yang pergi dan ada yang datang merupakan hal yang sudah biasa. Setelah berjalan agak lama, kembali si Coro melakukan perubahan pada sistem MLM yang ada menjadi cuma 1 level. Tapi sekali lagi hal itu tidak berpengaruh banyak. PMCYO tetap eksis dan terus berlanjut.


Akhirnya staf yang dulunya pernah memperingatkan si Coro mengenai iklan yang "wah", karena ingin memahaminya dengan lebih baik, memberanikan diri bertanya langsung kepada si Coro. Si coro segera mengajak semua stafnya keruangannya, dalam suasna yang santai si Coro mulai memberikan penjelasan yang berharga. Coro memulai penjelasannya.

Apa yang selama ini di uraikan orang bahwa sistem MLM pada akhirnya akan semakin membesar kebawah adalah benar. Tetapi perlu kita sadari bahwa itu semua cuma sekedar sistem saja. Kekuatan utama PMCYO sehingga tetap eksis sampai sekarang karena produknya terutama jasa. Itulah yang sebenarnya menjadi kekuatan yang dhasyat. Ini menunjukkan Pelatihan yang diberikan dapat berguna bagi banyak orang. Tiap-tiap bulan modul dan pelatihan selalu diberikan secara berbeda-beda dan menarik. Selain itu di PMCYO juga terdapat berbagai fasilitas yang diberikan. Dari berbagai produk online sampai dengan fasilatas diskon pada tempat-tempat yang telah bekerjasama dengan PMCYO.Dari toko buku, super market, mini market, hotel, losmen, travel dan masih banyak lainnya, yang apabila dapat menunjukkan kartu keanggotaan PMCYO yang seperti Credit Card, yg masih berlaku akan diberikan diskon yang menarik.


Hal ini tentu dirasakan oleh anggota sangat bermanfaat sekali. Jadi yang mereka inginkan di PMCYO adalah produknya yaitu pelatihan dan fasilitasnya. Bukan sistemnya. Sistem yang ada cuma hiburan belaka. Pertama, sistem yang menggunakan MLM memang akan menarik orang, tetapi seleksi alam akan berlangsung. Orang yang cuma menginginkan pada system saja tidak akan dapat berkembang. Orang yang dengan sungguh-sungguh memanfaatkan pelatihan akan mendapat pengalaman yang berguna. Sudah tentu pada PMCYO juga terjadi anggota yang mengundurkan diri. Itu biasa. Tidak semua orang dapat menjadi marketer. Itu tergantung dengan bakat, kemauan dan kondisinya masing-masing individu yang tidak sama. Tapi pelatihan yang diberikan PMCYO tidak saja berguna untuk marketer. Juga berguna untuk bidang yang lainnya. Anggota yang serius dan ingin berkembang akan terus mengikutinya.


Sekarang ini yang menjadi anggota pada PMCYO kebanyakan adalah yang serius belajar marketing. Ini terbukti walaupun sistem PMCYO diubah dari 8 level sampai menjadi 1 level, anggota baru terus ada. Bagi yang cuma menginginkan sistemnya tentu akan keluar dengan sendirinya.


Juga maksud dari membiarkan mereka berkreasi dalam menayangkan iklan pada akhirnya akan memberi dampak pada mereka juga. Cepat atau lambat masyarakat akan menyadarinya bahwa iklan yang "wah" dan "fanstastik" itu tak lebih dari khayalan saja. Jangan anggap masyarakat kita bodoh. Dan sekarang tentu iklan yang "wah" itu akan tersingkir dengan sendirinya. Mereka mendapat pelajaran yang bagus dan dapat menyadari bagaimana sebuah iklan yang baik, sekaligus juga dapat membangun kredibilitas diri mereka sendiri.


Sekali lagi kekuatan yang sebenarnya ada pada produknya bukan sistemnya. Yang bertumbangan selama ini karena cuma menjual sistem, produk cuma sekedar penghias saja. Orang-orang segera menyadarinya dan pada akhirnya tidak ada lagi yang memerlukan produk dan jasa pelatihan yang seperti itu. Dengan sendirinya terjadi efek domino. Keruntuhan terjadi, dari bawah terus keatas, dan pendapatan akan nol. Karena kalau cuma mengharapkan sistem pada MLM, uang yang didapat tentu berasal dari yang bawah. Begitu yang bawah tidak lagi ada, otomatis yang diatasnya akan habis.


Semua itu kembali lagi pada 3 hal mendasar.

* Ide itu berharga
* Apabila dapat mewujudkan ide tersebut maka akan menjadi lebih berharga.
* Jika dapat menjaga kelangsungan ide tersebut dengan berkreasi, berimprovisasi dan berinovasi terus menerus, maka nilai ide tersebut menjadi sangat berharga.

Demikianlah si Coro mengakhiri penjelasanya kepada para stafnya.
Akhirnya mereka semua lebih memahami bagaimana sebuah MLM itu dapat menjadi tangguh.


Penutup.
Dalam sistem pemasaran yang menggunakan MLM, tetap saja sebuah produk yang merupakan kunci utama. Bukan cuma sistem semata. Ini menunjukkan bahwa produk mereka diperlukan.
Untuk membuat bagaimana produk itu terus diperlukan maka kembali pada 3 hal dasar:

* Ide itu berharga
* Apabila dapat mewujudkan ide tersebut maka akan menjadi lebih berharga.
* Jika dapat menjaga kelangsungan ide tersebut dengan berkreasi, berimprovisasi dan berinovasi terus menerus, maka nilai ide tersebut menjadi sangat berharga.

hanli

No comments: