Google
 

Tuesday, June 12, 2007

MATINYA IKLAN BARIS ONLINE

Kagetkah Anda membacanya? Saya tebak pasti demikian. Coba kita lihat mengapa saya katakan demikian.

“Iklan online apa yang dapat membantu menjual?” demikian salah satu pertanyaan yang diajukan kepada saya di sela-sela seminar. Memang banyak taktik iklan internet dari dulu hingga sekarang. Tetapi tidak semua metoda iklan online yang dapat menjual. Ada banyak iklan online yang sekadar membangun citra (branding) perusahaan saja namun tidak menjual. Namun ada juga iklan online yang dapat membantu Anda menjual.

Salah satunya adalah iklan frase (Adwords). Tetapi tolong jangan dikacaukan dengan iklan baris yang dikenal populer dengan istilah online classified ads atau disebut juga dengan istilah Free For All (FFA) links.

MENGAPA IKLAN BARIS ONLINE SEKARANG TIDAK EFEKTIF

Iklan baris online sempat merupakan salah satu dari fenomena promosi yang paling efektif dalam dunia pemasaran online, khususnya di era dotcom generasi pertama atau sebelum tahun 97. Mengapa tidak, lebih kurang ada sekitar 6,4 juta halaman web di seluruh dunia yang memberikan fasilitas iklan baris gratis kepada para pengunjung situs webnya.

Lihat saja di Indonesia saja ada lebih dari 15000 halaman web yang memiliki fasilitas iklan baris gratis atau iklan mini online, mulai dari portal web iklan baris online gratis seperti indoiklan.com, iklanbaris.com, dsb, hingga portal gado-gado yang berisi a-z. Terus terang ini adalah sisa-sisa peninggalan dari kejayaan iklan baris di masa kelahiran dotcom.

Situs web yang memiliki layanan iklan baris atau FFA links gratis sempat menjadi kesempatan yang manis untuk menaikkan traffic ke suatu situs web, dan ini adalah keuntungan yang sifatnya win-win antara si pemilik web dan pengunjung. Pengunjung dapat memasang link ke situs mereka lewat situs web portal yang memiliki traffic yang tinggi dan sebaliknya pemilik portal tersebut senang karena mendapat repeat visitors yang memasang iklan baris.

Iklan baris sempat menjadi katalis yang efektif untuk membuat suatu web disukai oleh para pengunjung.

Era iklan baris online gratis ini sempat melambung dalam hal popularitas dan keefektifannya hingga akhirnya model promosi iklan baris ini merosot khususnya setelah ditemukan perangkat lunak yang dengan sekali klik Anda bisa mengirimkan pesan-pesan promosi Anda ke ratusan atau bahkan ribuan situs web yang memiliki fasilitas iklan baris gratis.

Mengapa dengan ditemukan perangkat lunak ini membuat popularitas dan keefektifan iklan baris online merosot? Jelaslah karena perangkat lunak ini membuat portal web yang tadinya banyak dikunjungi oleh para pemasang iklan gratis tidak lagi mendatangi situs web mereka, mereka lebih suka menggunakan software sekali klik.

Akibat lain adalah tidak adanya yang mengklik iklan lewat iklan baris online gratis. Jadi keadaannya telah berubah drastis, apa yang dulu merupakan tak tik pemasaran online yang populer sekarang tidak lagi.

Namun jelas masih ada sisa positif dari perangkat lunak ini yaitu untuk menaikkan popularitas link luar yang mengacu ke situs web Anda (inbound links) yang disebut sebagai link popularity di mata spider dari situs pencari.

Ya zaman keemasan iklan baris online gratis telah redup. Lagi pula siapa yang mau cari barang masuk ke situs web yang berisi komunitas iklan baris? Trend yang ada malahan mereka masuk ke situs pencari utama seperti Google, MSN atau lewat direktori Yahoo.

Maka fakta yang menyakitkan adalah kebanyakan para pengguna iklan baris online gratis hanyalah mereka yang memiliki budget yang pas-pasan dan tidak berdaya beli tinggi.

Kalau begitu apa yang bakal menjadi trend dalam beriklan di Internet? Salah satunya adalah program AdWords.

GOOGLE ADWORDS & MANFAATNYA

AdWords atau kalau saya sebut sebagai Iklan Frase yang muncul dari hasil pencarian, telah menjadi populer saat ini dan dimiliki oleh Google.

Sebetulnya konsep iklan frase yang muncul dari hasil pencarian yang relevan ini, juga dimiliki oleh beberapa situs web terkenal seperti Overture, SearchGalore, Kanoodle, Looksmart, hanya yang dimiliki oleh Google walaupun bukan yang pertama justru lebih populer di arena periklanan online dibandingkan dari yang lain.

Tidak halnya seperti banyak situs pencari yang lain, AdWords milik Google jelas terlihat sebagai salah satu bentuk periklanan online dalam bentuk advertorial singkat yang tidak terkesan sebagai bentuk iklan secara blak-blakan. AdWords milik Google jelas terlihat di bagian kanan dari hasil pencarian lalu memanjang ke bawah.

AdWords milik Google merupakan sarana periklanan yang sangat terjangkau dalam segi biaya dan cocok untuk segala macam produk dan bisnis, entah bagi mereka yang ingin langsung menjual produk atau hanya sekadar ingin membangun merek online yang solid kepada audiens pasar yang targeted atau kepada publik secara umum.

Para pengiklan dapat memegang kendali budget mereka dan membidik iklan mereka berdasarkan kata atau frase kunci (keywords). Dan enaknya juga, para pengiklan dapat dengan leluasa menentukan sendiri frase iklannya mereka.

AdWords milik Google memungkinkan situs web Anda kebanjiran pengunjung yang targeted. Dan menariknya lagi, Anda bisa kapan saja memasang dan menutup iklan Anda. Nah hasil dari traffïc yang dicapai dapat diukur dan dipantau oleh Anda sendiri.

Dan Anda pun akan dapat mengetahui mana yang cocok dan berhasil dan mana yang tidak, lalu apa yang perlu dan yang tidak perlu diubah. Juga dengan AdWords milik Google ini, Anda bisa melihat dan memilih frase-frase mana yang paling membangkitkan klik ke situs web Anda.

Para pengiklan dapat melakukan lelang (bid) terhadap keywords yang relevan dengan bisnis atau produk mereka. Karena itu apabila si pengiklan berani memasang lelang dengan harga yang lebih tinggi dari pesaing yang lain untuk suatu keyword tertentu, maka besar kemungkinan iklan frase mereka muncul di posisi lebih atas atau paling atas dari sederetan pesaing Anda yang berani mematok harga lebih rendah untuk kata kunci tersebut.

Namun kalau ada lebih dari satu pengiklan yang memasang harga lelang yang sama dengan Anda, maka iklan siapa yang akan menempati posisi lebih atas dibandingkan yang lain? Yaitu iklan yang mampu menghasilkan click through yang paling tinggi. Karena itu Anda bisa bermain-main dengan menggunakan frase yang lebih persuasif dan dapat menggugah emosi dan imajinasi audiens online Anda.

Bentuk iklan lewat AdWords ini, dapat membidik audiens Anda secara lokal artinya pasar jabotabek sekalipun bisa digaet lewat iklan Adwords ini.

Google, rupanya ingin memberikan yang terbaik bagi kebanyakan dari mereka yang memasang iklan, dan memberikan penempatan iklan mereka di baris lebih atas atau paling atas berdasarkan kombinasi antara click-through rate, jumlah uang yang berani dilelang dan anggaran iklan yang dipatok.

Tentu saja, untuk memaksimalkan revenue dan memuaskan para pengguna mesin pencarinya, Google mematok aturan main bagi para pemasang iklan dan semua iklan yang dipasang harus mampu menghasilkan persentase click-through minimal kalau tidak maka akan dicabut dari deretan AdWords.

ATURAN MAIN ADWORDS

Hal ini dengan jelas diuraikan secara akurat di situs webnya. AdWords sengaja dibuat demi manfaat si pengiklan dan si pengguna situs pencari. Maksudnya, semakin qualified si pengunjung yang mengklik iklan Anda, maka semakin lebih besar kemungkinan penempatan iklan AdWords Anda yang nangkring di posisi atas menghasilkan sales bagi Anda.

Dengan menyediakan informasi yang jelas dan akurat, maka si pengguna mesin pencari yang mengklik iklan AdWords Anda bisa jadi adalah pasar yang tepat yang akhirnya dapat dikonversi menjadi pelanggan. Jelas bahasa iklan yang paling efektif mampu mengkomunikasikan gagasan yang gambling kepada audiens yang targeted.

Aturan lain dari program AdWords yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan banyak huruf besar, atau kata-kata yang terlalu muluk-muluk, dan frase yang menyuruh.

Dengan mengikuti aturan di atas, maka sebenarnya Anda dibantu agar tidak perlu mengeluarkan biaya atas dasar banyaknya klik (Pay Per Click) secara sia-sia, namun Anda benar-benar membayar per klik hanya untuk audiens pasar yang hot. Karena dibatasinya ruang iklan AdWords, pesan iklan haruslah singkat namun mengena.

Oleh sebab itu penting sekali memilih keywords yang relevan dengan produk dan bisnis Anda serta content dari web Anda. Dan juga ingat, jangan menggunakan frase menyuruh seperti ungkapan frase “klik di sini”. Juga tidak diperkenankan iklan dalam bentuk pop-ups, yang dianggap tidak sopan.

46 JUTA SITUS WEB SEKARAT!

Kalau Anda dan perusahaan sudah memiliki situs web, maka jangan tanggung-tanggung untuk menggunakan program iklan Adwords milik Google ini. Lihat saja faktanya bahwa lebih dari 80% situs web memiliki sedikit atau tidak ada pengunjung yang signifikan sama sekali.

Faktanya adalah bagaimana mungkin URL suatu situs web dapat dikenali dan disinggahi mengingat kenyataannya ada lebih dari 52 juta situs web dengan lebih dari 4,2 miliar halaman web di seluruh dunia dan akan terus bertambah, dan hanya pemiliknya saja yang mengetahui alamat URL situs web mereka.

Itulah sebabnya situs pencari seperti Google mampu memberikan referrals bisnis hingga 40,91%, Yahoo 27,40%, MSN 19,57%, sedangkan AOL 15,53%, dan Askjeeves 8,49% terhitung user shares per tanggal 23 Maret 2004.

Pengalaman dari mereka yang memasang AdWords milik Google mendapati bahwa situs web mereka kembali mendapatkan audiensnya bahkan dalam 21 hari atau kurang.

Sebenarnya ada 7 alasan mengapa saya bilang bahwa 46 juta situs web berada dalam keadaan koma:

1. Para pemilik situs web tidak membidik pesan-pesan mereka kepada audiens yang spesifik namun terlalu general dan isinya terlalu gado-gado.

2. Desain dan content dari situs web mereka tidak mampu membuat situs pencari jatuh cinta padanya.

3. Lihat saja dari masing-masing judul yang ada di halaman web tidak mengkomunikasikan content yang spesifik.

4. Tiap-tiap halaman web tidak menyediakan uraian yang terperinci dari keseluruhan tema yang mengikat tiap-tiap halaman web.

5. Situs web mereka tidak dibangun berdasarkan kata kunci dan frase keyword yang paling kompetitif dan relevan di mata konsumen mereka.

6. Tidak adanya statistik yang dapat menunjukkan dari mana dan apa yang membuat pengunjung datang ke situs web Anda, dan halaman-halaman web mana yang tidak pernah atau jarang dilirik apalagi dibaca.

7. Situs web mereka tidak nangkring di urutan 20 besar dari situs pencari utama dan direktori besar yang menggiring lebih dari 88% dari semua pencarian yang dilakukan di dunia internet.

7 Kenyataan di atas adalah fakta yang menyakitkan namun sekaligus memberikan introspeksi yang efektif bagi mereka yang ingin memanfaatkan strategi pemasaran online lewat AdWords. * Bob Julius Onggo
Praktisi, Konsultan, Penulis dan Pembicara Bisnis dan Pemasaran Online

1 comment:

Unknown said...

Terimakasih atas infonya, semoga website saya DANAKOM tetap bisa berjaya.
Terimakasih.