Google
 

Sunday, June 10, 2007

ESBI by Robert T Kiyosaki

Sudah punya bukunya Robert T Kiyosaki tentang Cash Flow Quadrant ? banyak di Toko Buku Gramedia / Gunung Agung. Cuma kalau nggak punya, baca aja ringkasan saya ini , sama aja kok...:)

Ternyata jenis pekerjaan / profesi orang dibedakan jadi 4 macam, yaitu : [ E ] Employeed , [ SE ] Self Employee , [ BO ] Business Owner dan [ I ] Investor.

Sebagai orang awam , saya coba campur aduk posisi - posisi itu sehingga masing - masing memiliki potensi dan peluang sama.

1. Employeed.

Contohnya : Seorang Pegawai Negeri / Karyawan di Perusahaan, Karyawan Rumah Makan dll. Baik dari mulai golongan rendah sampai Atasan , semua berada di posisi ini.

Cuma bisa saja mereka ke Quadran I atau BO , atau ke SE. Tinggal bagaimana mengaturnya saja : kalau punya tabungan uang cukup , mungkin bisa beli rumah untuk investasi ? [ nah sudah ada di quadrant I ] , atau mungkin ikut bisnis Network Marketing / MLM [ sudah di quadrant BO ] , atau mungkin punya keahlihan khusus misalnya : memasak , mengisi dubbing suara dll [ sudah di quadrant SE ]. Asyik khan ?

Jadi kalau kita nggak meng - kotak kotakan sendiri , ada dimana posisi kita ? maka setiap hari sebenarnya kita bisa ber - putar putar di quadrant ESBI itu.

Menjadi seorang Karyawan sekaligus pengusaha juga bisa. Siapa bilang karyawan tidak bisa Kaya Raya ? :)

2. Self Employeed.

Contohnya : Seorang Artis / Penyanyi , seorang Dokter , Pengacara. Mereka menyanyi untuk dapat uang , kemudian beli Rumah / Apartement untuk investasi, kemudian mendirikan Perusahaan sendiri , kemudian ekspansi terus kemana mana , cuma orang yg berada di SE terbilang Special , bisa menjual Skills nya secara pintar , jarang mereka balik / berada di quadrant E lagi.

3. Business Owner.
Contohnya : Pelaku Bisnis Waralaba , Network marketing / MLM , Direct Selling dll. Begitu mereka sukses di BO , biasanya ekspansinya menuju ke Quadrant Investor. Jadi nggak heran kalau mereka - mereka bisa Super Kaya dan Sukses. Orang yang cukup modal bisa memilih Waralaba , tapi yang modal nya terbatas bisa ikutan bisnis MLM. Kalau sudah ada niat , tekat mental baja , biasanya sukses !

4. Investor.
Contohnya : Para taipan - taipan di indonesia , para Elit , Pengusaha Sukses di indonesia. Jangan lihat enaknya mereka sekarang , kebanyakan mereka dulu berawal dari bawah , usaha kecil - kecilan , dari quadrant E , SE atau BO. Baru mereka sukses menjadi investor - investor besar seperti : GRoup Sampoerna , Bakrie Group , Gudang Garam , Garuda Group, Indofood dll.

Nah , Anda memiliki waktu dan ruang yang sama dengan kebanyakan orang - orang sukses itu. Sekarang tinggal niat , inisiatif dan daya juang anda untuk mencobanya.

Saran bagus adalah Kalau sekarang masih menjadi karyawan biasa , maka rajin lah menabung , belajar memilih bisnis yang cocok , belajar ber investasi di bisnis. Syukur - syukur semangat membeli komputer dan akses internet dari rumah , itu lebih bagus lagi.

Kalau anda masih jadi pengangguran / PHK , masih mahasiswa. Pintar - pintarlah mengatur waktu , membujuk orang tua supaya membelikan Komputer , menyisihkan uang untuk di tabung dan banyak cara - cara cerdik yang bisa membuat anda maju.

BEKERJA ONLINE di Internet
Enak sekali , bisa dijalankan saat santi di kantor ataupun online dari Rumah.

Banyak yang belum mencobanya, tapi kalau sudah tahu, pasti ketagihan semua. Pertumbuhan pemakai internet di indonesia cukup besar , kebanyakan mereka mengakses internet dari Kantor atau warnet.

Apakah anda sudah memiliki rencana untuk punya akses internet dari Rumah ? Pasti itu lebih baik lagi.

Ok , Sukses buat sahabat semua.

No comments: